Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tips Menjadi Juara Apresiasi

20 Apr 2021 | April 20, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-21T03:33:13Z

( PodcasTARA - FTPKN ) - Oleh Tutor M. Kurtubi


Pada sesi podcas Tutor Pendidikan Kesetaraan PodcasTARA kali ini membahas tentang ASTINA (apresiasi tutor pendidikan kesetaraan). Merupakan agenda rutin tutor pendidikan kesetaraan dalam rangka mengembangkan semangat tutor bangkit seluruh Indonesia. Melalui podcasTARA ini diharapkan bisa tumbuh kembang semangat bangkit dalam setiap tugas-tugasnya demi mengokohkan Indonesia. 

Tutor Haris Munandar, membawakan sesi acara talkshow atau podcasTARA ini bersama tiga narasumber, Tutor Ika Agustina (Papua) , Tutor Jum ati (Aceh) , dan Tutor M. Kurtubi (Jakarta). Keempatnya berbincang cukup seru guna mendorong teman-teman tutor seluruh Indonesia gar berpartisipasi dalam mengikuti ajang apreasiasi yang digagas FTPKN tahun ini. 

Astina ini tercetus disebabkan karena Dirjen GTK sudah tidak melaksanakan moment nasional ini. Karena alasan demikian, maka DPP mengagas acara ini. Untuk memberi ruang bagi teman-teman tutor mengekpresikan kemampuan hebatnya. Jika karya kita diapreiasi maka akan timbul semangat. Tujuan, memberi penghargaaan, membaung silaturahmi antar pendidik, karena ajang seperti sangat bermanfaat. Kata Tutor Tika Agustina, ketua Panitia Astina 2021 dari Papua. 

Menampilkan pendidikan kesetaraan agar lebih baik lagi dan lagi guna memperkokoh Indonesia. Kebangkitan ini untuk mengimbangi gairah dan gembyar pendidikan formal yang sudah sering kita dengar. Untuk itulah kita  perlu memacu dan menciptakan agar ajang ini lebih baik lagi meskipun dilakukan oleh kita untuk kita, harapannya. 

Menurut tutor yang telah menjuarai tingkat nasional, Jum ati, dari Aceh memberikan tips pentingnya karya kita itu ditulis dalam bentuk karya nyata. Tulisan ini akan memberikan gambaran yang utuh dan jelas bagaimana para tutor membeberkan langkah-demi-langkah dalam proses pembelajaranya. Tidak mesti harus yang rumit, yang sangat sederhana pun bida menang. Seperti juga yang pernah dimenangkan oleh teman yang menang. 

Astina ada tiga kategori, tutor inovatif dengan cara membuat karya tulis hasil pengalaman mengajar selama pandemi. Yang kedua, tutor kreatif yaitu membuat video pembelajaran selama pandemi, dan ketiga adalah tutor berdedikasi, yang mengajar di 3T (daerah terdepan, tertinggal, dan terluar). 

Untuk tutor berdedikasi, tidak perlu malu untuk menuliskannya. Jangan terlalu mengikuti budaya yang kurang baik, di mana jika ditulis merasa kurang pede atau takut dicap terlalu PD. Dalam hal ini untuk melihat jejak beliau-beliau dalam berjuang di daerah 3T agar dapat memberi inspirasi pada teman-teman lain. Tulisan ini sangat berharga dan ceritanya sangat ditunggu-tunggu. Kata sarjana Fisika ini.

Tips Sederhana jadi Juara

Dalam sesi penting ini, langkah sederhana dalam maju sebagai peserta, tips sederhana dari Pak Kurtubi mudah untuk dilakukan. Ada tiga langkah yang dimaksud.

Pertama, niat yang benar misalnya ingin menebarkan ilmu pengetahuan, berbagi pengetahuaan dan pengalaman apakah hal ini bermanfaat bagia orang lain. Langkah kedua, bagaimana mengemas niat itu dijelaskan dalam bentuk tulisan-tulisan dan penampilan jika ingin dipraktekkan. Ketiga, latihan dan latihan. Pada langkah tiga ini agar apa yang ingin kita sampaikan benar-benar meyakinkan nanti di depan juri atau tim penilai. Tanpa latihan akan sulit meyakinkan karena harus penampilan kita mesti alami, dan ini bisa melatihan keperpercayaan  diri sehingga saat tampil lebih mudah. 

Tip Sederhana Menulis

Adapun trik menulisnya bagaiamana, kata mas Haris yang pandai menyanyi ini. Pertanyaan ini ditujukan kepada Jum ati yang mantan juara nasional tahun 2016 di mana akhirnya bisa pergi ke negara China bersama juara 1 lainnya. 

Menurutnya tip menulis itu tidak sulit, asal sering latihan saja. Apa yang akan ditulis itu menjadi sulit, karena kita tidak pernah memulai saat pengen menulis. Tip ini ditemukan di tempat-temapat kursus menulis. Maka sarannya, tulislah apa yang ada di kepala nanti kemudian bisa dikoreksi pada sesi lainnya. Dalam keseharian gadis Aceh ini sering menulis status di facebook secara pendek setiap hari. Tulisan-tulisan ini katanya sebagai bagian dari latihan. Sebagaimana yang saya lakuan yang kemudian menang adalah dengan menulis tentang prosedur text dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam prakteknya saya menceritakan bagaimana mencari contoh text preosedur dengan merebus mi, yang ada di sekitar peserta didik dalam keseharian. 

Apabila melihat para juara di ajang presatasi tutor, yang diambil adalah inovasi yang sederhana, bisa diikuti oleh semua orang dan mudah menjalankannya. Inilah yang perlu dicari dari beberapa inovasi peserta apresiasi. Berbagai macam model, pendekatan mengajar semua bisa diimproviasi dan dikerjakan. Hal ini bisa menjad itema daripada karya-karya dalam apresiasi ini. 

Untuk yang ingin ikut ajang prestasi tutor bangkit, silakan klik bit.ly/Astina2021









×
Berita Terbaru Update