Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Peran Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Kesetaraan

25 Sep 2021 | September 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-25T02:33:59Z

Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek menyelenggarakan kegiatan “Workshop Pengelolaan Mutu Pendidikan Kesetaraan Pada Satuan Pendidikan Nonformal”.  kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23-25 September 2021 di de Java Hotel Bandung Jawa Barat. Kegiatan ini mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

Menurut  Thuarita Cahyawati, S.Sos selaku panitia pada  kegiatan ini menyatakan dalam pembukaan kegiatan  bahwa peserta workshop  mayoritas dari satuan pendidikan nonformal pemenang lomba dalam Festival Setara dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional ke-56 tahun 2021. Workshop ini dibuka dan rencananya akan ditutup oleh Direktur  Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah  Dr. Samto. 

Materi workshop yang disampaikan oleh para narasumber antara lain (1) Kebijakan Pendataan Dapodik Pendidikan Kesetaraan, (2)Pengelolaan Penilaian Pendidikan Kesetaraan, (3) Penguatan Kurikulum Pendidikan Kesetaraan Berbasis Profil Pelajar Pancasila, dan (4) Best Practise Pengelolaan Satuan Pendidikan.

Selama tiga hari workshop ini, yang patut menjadi catatan para peserta adalah tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam pengelolaan satuan pendidikan nonformal. Pengelola satuan pendidikan nonformal yang hebat, tidak semestinya mengandalkan bantuan dari Kemendikbud Ristek. Pengelola satuan pendidikan nonformal memiliki banyak kesempatan untuk bekerja sama dengan lintas kementerian, atau dinas lain di daerah. Selain itu kegiatan pengelola satuan pendidikan nonformal sepatutnya juga bisa memandirikan lembaga/ instansinya dengan kegiatan yang memiliki manfaat secara finansial misalnya ada kewirausahaan, dan kolaborasi dengan pihak swasta dalam menyukseskan program satuannya. 

Yang tak kalah penting dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan kesetaraan ini peran strategis tutor. Sebagai pendidik di satuan pendidikan, tentu saja mereka ujung tombak mutu pendidikan kesetaraan. Dalam diskusi peserta pada workshop ini, mayoritas peserta mengharapkan perlu adanya perhatian khusus terhadap para tutor pendidikan kesetaraan. Antara lain tentang peningkatan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan dan kesejahteraan mereka. 

Dalam kesempatan ini, salah satu pengurus DPP FTPKN (Dewan Pengurus Pusat Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional)  yang kebetulan menjadikan peserta workshop menyampaikan informasi bahwa upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan tutor pendidikan kesetaraan sudah dan sedang dikerjakan DPP FTPKN. Antara lain program webinar tutor yang dilaksanakan tiap Kamis yang bernama vikomTARA (Virtual Kompetensi Tutor) sudah di episode 20 dan upaya meningkatkan kesejahteraan tutor melalui SIMPKB dengan pembentukan KKT (Kelompok Kerja Tutor).

Kegiatan workshop ini tentu saja menjadi mood booster para pengelola satuan pendidikan nonformal dalam meningkatkan layanan pendidikannya ketika balik ke daerah masing-masing.

Astatik Bestari

Bandung, 25 September 2021

×
Berita Terbaru Update