Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

22 Nov 2021 | November 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-03T10:58:32Z


Astatik Bestari 

Kita sudah  melaksanakan program School From Home dua tahunan.  Mau tidak mau orang tualah penentu kesuksesan belajar anak. Guru di sekolah sejatinya mendistribusikan ilmu pengetahuan tidak seberat tanggung jawab memotivasi anak belajar.

Melalui google classroom, group WA, dan aplikasi belajar lainnya guru hanya menjalankan mengajar dari jauh. Aktivitas belajar terasa normatif. Belajar mengajar berlangsung, namun suasananya tak sama jika belajar dengan orang tuanya.

Bagi orang tua yang memahami aturan belajar selama pandemi Covid-19, mendampingi dan mengajari anaknya belajar sebenarnya mudah. Belajar era pandemi Covid-19 tidak menuntut ketuntasan kurikulum. Tetapi, pembelajaran harus bermakna. (Baca SE Mendikbud No 4 Tahun 2020, SE Sesjen No 15 tahun 2020). Di sinilah orang tua bisa memainkan perannya sebagai guru era pandemi Covid-19.

Mendukung passion anak bisa menjadi mata pelajaran di rumah. Urusan paketan belajar dari sekolah terserah apa perintah gurunya. Orang tua tak perlu galau jika anak belum mampu mencapainya. Tugas di kelas online tak semuanya mampu dituntaskan seketika itu juga. Kesehatan menghadapi perangkat digital perlu diperhatikan. Selain itu kemampuan fisik dan pikiran memenuhi deadline belajar  tak bisa disamaratakan.

Selayaknya orang tua percaya diri, bahwa pandemi Covid-19 telah mendatangkan hikmah. Hikmah bisa menjadi guru bagi anaknya, dengan mata pelajaran sesuai minat bakatnya.

Selamat memanen hasil sebagai guru BDR kepada para orang tua yang telah menjalaninya.

#HariGuruNasional2021 #BergerakdenganHati #DemiKemajuan

@kemdikbud.ri 

@ditjen.gtk.kemdikbud 

@yenirohhaeni

@bestarimart 

@jendela_bestari

https://www.instagram.com/p/CWjcnb4BI77/?utm_medium=share_sheet

https://twb.nz/twibbonhgnfeed

×
Berita Terbaru Update