Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dirjen GTK Iwan Syahril: Ciri Guru Pembelajar Teach at the Right Level

7 Jan 2022 | Januari 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-07T01:14:57Z
Spider-Man di multisemesta (multiverse) bisa serupa tapi tak sama. Semua tak sama. Pun begitu dengan murid.

“Saya belajar tentang kecerdasan majemuk, jadi enggak ada kecerdasan yang tunggal, jadi anak itu sebenarnya punya bakat yang luar biasa besarnya, bisa di bidang musik, bidang seni, di bidang linguistik, atau matematika, komunikasi, dan sebagainya,” terang @dirjen.gtk Iwan Syahril beberapa waktu lalu. 

“Sehingga ketika kita melihat anak didik, itu mereka semuanya tidak sama, tidak boleh seragam, karena enggak ada yang seragam,” tambahnya.

Dalam kesempatan lain, Dirjen Iwan menjelaskan tentang salah satu ciri guru Indonesia yakni pembelajar.

“Pembelajar, karena guru itu ya adalah profesi yang sangat kompleks. Tidak pernah situasi yang dihadapi guru selalu sama. Guru itu tidak menghadapi mesin. Guru itu menghadapi makhluk hidup. Makhluk hidup itu terus berkembang. Makhluk hidup itu beragam macam. Murid itu tidak pernah ada yang sama,” jelas Iwan Syahril.

“Dua anak kembar tidak pernah sama, apalagi yang bukan anak kembar, apalagi yang bukan saudara. Dan ini harus dimaknai oleh para guru di dalam kelas. Sehingga murid yang sama pun taruhlah di kelas yang sama, pada hari yang berbeda, itu akan berbeda,” imbuh Mas Dirjen. 

“Murid yang sama dengan topik yang berbeda, itu akan beda lagi dinamikanya. Murid yang sama ketika dia kecil, ketika dia awal remaja dan remaja itu beda lagi ceritanya. Karena itu makhluk hidup yang dihadapi dan itu sangat kompleks, tidak pernah sama. Jadi butuh memang belajar terus-menerus tidak pernah berhenti,” tutur Iwan.

Dirjen Iwan mengungkap ciri guru pembelajar bertaut dengan terciptanya pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, dan pendidik mengajar sesuai perkembangan peserta didik atau teach at the right level.

Sumber: https://www.facebook.com/100069427230203/posts/218091310515109/

@kemdikbud.ri
#UnggahUlang@Ditjen GTK Kemdikbud RI
#MerdekaBelajar #DirjenGTK #IwanSyahril #BanggaJadiGuru #BerpihakpadaAnak #BerpusatpadaMurid #DitjenGTK #Guru #TenagaKependidikan #KepalaSekolah #GTK #SahabatGuTendik

×
Berita Terbaru Update