Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

QnA terkait Platform Merdeka Mengajar Pendidikan Kesetaraan pada Vikomtara #26

28 Jul 2022 | Juli 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-28T10:49:19Z

(ftpkn.or.id )- Vikomtara Reguler DPP FTPKN, Jumat, 8 Juli 2022  menghadirkan dua narasumber yang merupakan tim ahli Kemendikbud  Ristek yang menangani secara langsung akun belajar.id dan platform merdeka mengajar.  Merupakan dua hal yang sangat penting bagi kelangsungan pendidikan kesetaraan utamanya menjelang sebentar lagi praktek pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Dua narasumber didatangkan langsung yaitu Lasty Devira Kesdu, GovTech Edu - Platform Merdeka Mengajar, dan Gregy Gustavo Tuerah, GovTech Edu - Akun belajar.id keduanya merupakan tim pengembang teknologi di kemendikbud.  Bagi pembaca yang ingin melihat tayangan ulang, silakan rujuk pada link ini.. 

Acara dilaksanakan dari jam 14.00 WIB - jam 17.00 WIB secara daring . Dimulai dari pembukaan oleh Ketu Umum DPP FTPKN, Pak LIlik Subaryanti. Kemudian secara remsi dibuka oleh  Direktur GTK Kemdikbud RI, Ibu Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed. dilanjutkan oleh pembina FTPKN, yaitu Bapak Fauzi Eko Pranyono, M.Pd.,  yang merupakan menjabat di Fungsi Kesetaraan, Direktorat PMPK, Kemdikbudristek, dan dua narasumber utama yang pertama bidang plaform merdeka mengajar, 

Dengan dipandu moderator dari  Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Ada Jumiati, dari Aceh, Kinanti dan Sulawesi dan Ika Agustina dari Papua. Ketiganya sukses membawakan dan mendampingi para narasumber. 

Berikut adalah sederet pertanyaan yang penting untuk dibaca ulang, dan untuk dipraktekan, terkait masalah akun belajar.id yang hingga kini masih banyak yang menemui masalah dan belum terselesaikan. Padahal platform merdeka mengajar itu hanya bisa diakses bagi yang sudah punya akun belajar.id.  

1. Wa Ode Hikmah Nilayanti, B

agaimana kita menarik garis besar dari materi pada Platform Merdeka Mengajar yang notabenenya materi pendidikan formal? Misalnya materi untuk SMA/SMK ke Pendidikan Kesetaraan Paket C? 

Ibu Lasty : Platform ini masih terus berkembang dan berusaha untuk memperkaya konten

 Pak Fauzi: Ketika satuan pendidikan nonformal menggunakan kurikulum merdeka maka sudah tidak menggunakan modul lagi, jadi sama menggunakan yang ada di platform, karena saat ini materi formal dan nonformal itu sama yang membedakan alur tujuan pembelajarannya.

 2. PKBM Solusi Mandiri Sentosa_Erlina Widjaja

Ketika kita baru menginstall dan bergabung pada versi platform merdeka mengajar yang paling akhir itu berarti terlambat dan ketinggalan banyak hal dari versi sebelumnya?

 Ibu Lasty : Jadi begini bu tergantung pada settingan hp kita, apakah otomatis terupdate atau tidak, jika otomatis maka langsung terupdate. Nantinya ketika ibu install otomatis akan menggunakan versi terbaru.

 3. Cornelia Salma Kamudi_PKBM Kobeoser Biak Papua

Kami dari sekolah formal dan sudah berhasil mendapatkan akun formal, namun sebagai pendidik di PKBM belum ada yang mendapatkan akun belajar.id untuk kesetaraan, bagaimana solusinya?

 Pak Gregi: Pertanyaannya untuk apa ibu meminta akun lagi? Karena akun formal itu bisa digunakan untuk mengakses pendidikan kesetaraan juga, jadi tidak ada perbedaan. 

4. Rita Mulyanti_PKBM Windsor Jakpus

Saya statusnya sebagai operator sekolah dan tutor paket c

Saya sudah mendownload di pd.data.kemdikbud.go.id

Setelah saya liat yang dapat tutor periode lalu dimana banyak tutor yang sudah tidak aktif

Sedangkan tutor yang aktif di tahun pembelajaran ini berdasarkan dapodik belum mendapatkan akun belajar.id

 

Pak Gregi: Saat ini tim ahli sedang berupaya untuk syncronisasi dengan dapodik untuk mengataasi permasalahan tersebut.

 5. PKBM Angsa Laut Merauke_Pristia Dani

Lupa password, sudah minta bantuan, bahkan sudah mengisi link laporan tapi belum juga di

reset

Pak Gregi: Silahkan untuk mengisi pengaduan di chatbox yang sudah dibagikan oleh Tim Ahli

dan menunggu sepekan

 

Penulis: Paramita Kinanti

×
Berita Terbaru Update