Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

DIBALIK BINCANG TOKOH HEBAT

18 Apr 2021 | April 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-21T03:33:30Z

 DIBALIK BINCANG TOKOH HEBAT


Oleh: Yeni Rohaeni

Bincang tokoh hebat merupakan salah satu dari program pokja TIK DPP FTPKN (Dewan Pengurus Pusat Forum Tutor Nasional). 

Seperti apa sih programnya? 

Sebelumnya, pokja TIK berburu tokoh-tokoh hebat di dunia pendidikan nonformal termasuk pemangku kebijakan baik dari pemerintah pusat atau daerah, akademisi, dan pengembangan pendidikan nonformal, terutama para tutor kesetaraan yang kreatif, inovatif dan berprestasi. Program ini bertujuan agar tokoh hebat ini mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pegiat pendidikan nonformal Indonesia.

Mau tahu gak konsepnya seperti apa?

Hasil perburuan para tokoh ini akan direkap kemudian sesuai dengan data yang masuk. Jadwal direncanakan setiap hari dengan durasi sekitar 30 menit. Rundown acara pembukaan pembukaan dimana pembawa acara akan membuka acara dan mempersilahkan tokoh hebat ke spothligt kemudian pembawa acara berbincang dengan tokoh hebat tentang kiprahnya di dunia pendidikan nonformal yang menampilkan foto atau video rekam jejaknya. Acara diselingi juga dengan menampilkan video atau foto kegiatan dari beberapa PKBM atau SKB yang dikirim ke tim atau tim ambil dari media sosial PKBM / SKB seluruh Indonesia. sebagai penutup, tokoh hebat memberikan kata-kata motivasi bagi para pegiat PNFI.Rangkaian acara dilaksanakan secara virtual dan disiarkan langsung (live streaming) melalui channel you tube dan link live facebook FTPKN Indonesia.


Jumat, 16 April 2021 pukul 14.00 WIB bincang tokoh hebat mulai mengudara. Pada tayangan perdana kami menampilkan Ibu Jum Ati, S.Pd dengan pembawa acara Mitha Kinanti. Ibu Jum Ati adalah tutor Bahasa Inggris yang berasal dari Provinsi Aceh. Kecintaannya pada profesi tutor kesetaraan membawa Ibu Jum menjadi tutor berprestasi di tingkat nasional dan sebagai penghargaan atas prestasinya maka ibu Jum Ati mendapatkan tiket umroh dari pemerintah daerah provinsi Aceh dan jalan-jalan ke negeri China dari Kemdikbud RI. Sungguh Luar Biasa. 


Acara perdana yang dipandu oleh pembawa acara Mitha Kinanti dari Gorontalo ini membuat kami sangat terharu. Kenapa? Karena persiapan pada tayangan perdana ini hanya semalam melalui diskusi kecil dalam grup pokja TIK tetapi berkat kerja sama yang baik di bawah ketua tim dan arahan dari Ketua Umum beserta pengurus lainnya akhirnya acara sukses ditampilkan. Walaupun demikian, kami tetap menerima kritik dan saran untuk tayangan-tayangan berikutnya. Semoga acara ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua.


Untuk para pegiat nonformal terutama untuk tutor kesetaraan Indonesia yang mau berbagi kiprahnya silahkan kirim curiculum vitae (CV) beserta foto atau video ke Pokja TIK DPP FTPKN Indonesia.

Tutor bangkit memperkokoh Indonesia

#PokjaTik

#DPPFTPKNIndonesia

Untuk melihat bincang-bincangnya silakan silakan sacan barcode berikut:




×
Berita Terbaru Update