Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Workshop Penyusunan Perencanaan Pembelajaran - VTP Batch 6

12 Feb 2023 | Februari 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-26T13:00:48Z

 vikomTARA Premium 6 Hari Pertama

Kegiatan vikomTARA Premium batch 6 yang mengusung tema Penyusunan Perencanaan Pembelajaran K13 dan Kurikulum Merdeka telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses pada tanggal 5 dan 12 Februari 2023 pukul 08.00 - 16.00 WIB. Apakah hanya berlangsung dua hari saja? Tentu tidak kawan, VTP6 kali ini menggunakan moda syncronus & asyncronus untuk memfasilitasi semua tutor hebat yang memiliki semangat tinggi untuk belajar.


Di hari pertama kegiatan, peserta terlihat antusias masuk link zoom pukul 07.00 WIB. Hal ini terbukti dari kehadiran 111 peserta yang mengikuti dari 119 peserta yang mendaftar.  Kegiatan pembukaan dimulai pukul 08.00 WIB dipimpin oleh MC, Kak Haris dan Kak Anna Widayati yang dilanjutkan sambutan sekaligus membuka kegiatan Ketua Umum DPP FTPKN Bapak Lilik Subaryanto. 


Paparan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan oleh Bapak Yusri yang jelas membekali para peserta VTP6. Sebelum masuk ke Break Out Room (BOR) para peserta diajak ice breaking seru oleh Bapak Agus Supriyanto memakai aplikasi Classpoint. Pada pukul 11.00 peserta mulai memasuki BOR berdasarkan kategori mapel eksakta, noneksakta, bahasa dan ketrampilan. Pada setiap BOR peserta akan didampingi oleh 2 fasilitator hebat dari tim DPP FTPKN. 


Pada BOR Eksakta ada 26 peserta bersama Kak Lina Tri Marfu’ah dan Kak Ika Agustina; BOR Noneksakta ada 42 peserta bersama Kak Anna Widayati dan Kak Haris M; BOR Bahasa ada 25 peserta bersama Kak Fitria Paramitha Kinanti dan Kak Jum’ati; dan di BOR Ketrampilan ada 14 peserta yang mengikuti bersama Kak Harti Purwanti. Metode presentasi dan diksusi tentang Praktik Analisis CP (Capaian Pembelajaran) ke TP (Tujuan Pembelajaran) dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) berlangsung seru antara peserta dan fasilitator. Masa penugasan dan bimbingan fasilitator untuk hari pertama mulai tanggal 5 - 11 Februari 2023.



vikomTARA Premium 6 Hari Kedua

Seperti hari pertama, di hari kedua kehadiran peserta masih diangka 114. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB oleh Moderator Umi Helmiyesi dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat PMPK Bapak. Fauzi Eko P. 


Beliau menyampaikan materi Penguatan IKM Pendidikan Kesetaraan. Pada pukul 09.00 WIB dilanjutkan pemaparan Modul Ajar oleh Ketua Penyelenggara VTP6, Ibu Astatik Bestari disertai dengan diskusi singkat bersama peserta. Peserta dipersilahkan masuk ke BOR kembali bersama fasilitator yang sudah siap mendampingi para peserta. 


Pada BOR Eksakta ada 24 peserta yang tetap bersama Kak Lina Tri Marfu’ah dan Kak Ika Agustina; BOR Noneksakta ada 35 peserta bersama Kak Haris M; BOR Bahasa ada 26 peserta bersama Kak Fitria Paramitha Kinanti dan Kak Jum’ati; dan di BOR Ketrampilan ada 16 peserta yang mengikuti bersama Kak Iwan Sunarya dan Kak M. Kurtubi. 


Pada setiap sesi BOR, peserta akan mendapatkan bimbingan untuk menyusun Modul Ajar Pendidikan Kesetaraan dari Analisis CP ke TP dan ATP yang sudah dikerjakan kemarin. Masa penugasan dan bimbingan fasilitator untuk hari kedua mulai tanggal 12-18 Februari 2023. Sebelum penutupan dihari kedua ini, ada paparan singkat tentang E-rapor oleh Abah Jalaludin dan testimoni 2 peserta yaitu Ibu Nisfu Laila Nur Indah Sari, S.Si (VTP1125) dari PKBM LISA yang mana mengikuti VTP6 dihari pertama bersamaan proses persalinan putri pertama anak ketiganya dan Bapak Faadillah Mursid Alansori, S.Kom dari PKBM Generasi Juara perwakilan dari pendaftar kolektif terbanyak.

- Yunita Elizabeth

×
Berita Terbaru Update