Notification

×

Today's quote

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

UPK 2022 Bakal Berwajah Baru

27 Jan 2022 | Januari 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-27T13:52:47Z
Ujian pendidikan kesetaraan (UPK) bagi peserta didik Paket A, Pekat B dan Paket C bakal berubah bentuk wajahnya yaitu bertype AKM.

Hal itu terungkap dari  POS UPK yang telah tersebar di media sosial WhatsApp grup para tutor nasional maupun grup PKBM. 

"Perubahan itu adalah soal-soalnya bertype AKM, namun bukan seperti AN ini hanya bertype AKM", Ujar Fauzi Eko P dari Direktorat PMPK saat POS UPK dibuat di Yogyakarta, Desember  tahun lalu. 

Menurutnya, soal type AKM itu terdiri dari soal-soal yang jenisnya di level 3 kognitif atau  higher order thingking skills (HOTS) 

Selain itu soal type AKM memiliki kekhasan tersendjri yaitu selain pilihan ganda biasa, ada pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat dan uraian. 

"Soal bertype AKM  ini bukan berarti soalnya  sulit karena informasi dicerna dari stimulus soal. Justeru lebih sulit soal yang sering ditanya apa, siapa, di mana, kapan. Tapi yang bertype AKM ini  peserta didik diajak melihat fakta di sekitarnya yang ditulis oleh tutor dalam merakit  soal diletakan pada  stimulus. Nah, stimulus soal  inilah yang menjadi ciri soal bertype AKM dan  membedakan dengan soal biasa", pungkasnya. 

Undangan Sosialisasi UPK
Baru-baru ini beredar undangan  sosialiasi UPK  yang  tersebar di WA grup.  Ditujukan kepada dinas pendidikan di seluruh Kabupaten Kota di Indonesia dan merupakan sosialisasi pertama kali dari Direktorat Pendidikan Khusus dan Pendidikan Masyarakat, Kemdikbud Ristek.

Menurut informasi yang diperoleh  acara  sosialisasi ini selain menampung para undangan dari dinas seluruh kabupaten kota juga kita bisa ikut di zoom virtual meetingnya yang memiliki kapasitas 300 peserta. Selebihnya bisa di live streaming. 

Acara akan dilaksanakan  pada Jumat, 4 Februari 2022, jam 13.30 WIB s.d. selesai
Meeting ID: 899 0290 4434
Passcode: 123456

Bagi yang tidak bisa mengikuti zoom meeting bisa ikut melalui link berikut ini 
Link streaming: youtube.com/c/setaradaring 

(M. Kurtubi )

×
Berita Terbaru Update